close

Hanya Telat Bayar Angsuran BPR BUDURAN DELTAPURNAMA Ajukan Lelang di KPKNL Sidoarjo

PRN SIDOARJO | Sungguh tragis dan diduga penuh rekayasa dan penyimpangan, perlakuan pihak BPR Buduran Deltapurnama Sidoarjo dalam mengambil tindakan terhadap debitur diduga  sungguh sangat menyalahi prosedur, pasalnya masa kontrak kredit selama 180 bulan sejak april 2021 samapa dengan maret 2036 masa berjalan baru kurang lebih 2 tahun dan nasabah sudah membayar sekitar 15 bulan, pihak BPR Buduran Deltapurnama sudah mengajukan eksekusi lelang di KPKNL Sidoarjo.

Kejadian ini di alami oleh Umi Salamah warga Kedungpeluk Candi Sidoarjo, belum selesai masa berkabung dikarenakan suami tercintanya Moch Qosim meninggal dunia setelah sakit selama kurang lebih 2 tahun yang salah satu penyebab sakitnya juga karena diduga sering menerima intimidasi dari para colektor BPR, saat ini Umi Salamah pontang panting mencari solusi agar rumah satu satunya tidak hilang karena diajukan Lelang oleh Pihak BPR Buduran Delta Purnama Sidoarjo di KPKNL Sidoarjo.

Histori perjalanan hutang piutang Umi Salamah jika dilihat dari data yang disampaikan masih terlihat ditingkat kewajaran, Kepada awak media Umi salamah menyampaikan bahwa kewajiban pembayaran hutang pokok kepada BPR Buduran Deltapurnama sebesar Rp 1.000.000.000,- yang akan dibayar dengan cara membayar Bunga dan bagi hasil setiap bulan, dan POKOK HUTANG, dengan total pembayaran per bulan sekitar sebesar Rp. 17.555.600,- setiap bulannya, dibayar mulai dari tanggal 29-04-2021 sampai dengan akhir kontrak 29-03-2036, dan saat ini angsuran pokok dan Bunga yang sudah terbayar ke BPR sebesar Rp. 277.772.400. atau 15 x angsuran dan ada titipan artinya ini kan hanya telat bayar bukan wanprestasi atau gagal bayar.

“saya bingung banget mas, sebab waktu itu setelah pinjam dana di BPR Buduran suami saya yaitu M. Qosim sakit keras sampai dua tahun lebih dan waktu sakit itu pihak BPR tidak mau tahu, walaupun kami bayar angsuran kami tetap ditekan dan ditakut takuti hingga suami saya tambah sakit dan meninggal bulan lalu, lebih jelasnya sampean tanyakan kepada pengacara keluarga saya yaitu bapak Samsul, S.H.,CPM. “ ucap Umi salamah dengan uraian air mata.

Ditempat terpisah awak media bertemu dengan Samsul, SH.,CPM. Di kantornya. Diterangkan oleh Samsul dari Aulian Law Firm bahwa dirinya juga merasa kecewa banget dengan pihak BPR BUDURAN DELTAPURNAMA. Menurutnya pihak BPR Buduran ini sudah mempermainkan nasabah dan ingin sekali menyelesaikan masalah kredit nasabah ini dengan cara pintas. Pernyataan Samsul ini didasari dengan niatan dan itikat baik dari pihak Umi Salamah yang tidak dihargai oleh pihak BPR Buduran.

Klien kami melalui Saya (Samsul, red) sudah berupaya mencari solusi atas permintaan pihak BPR Buduran dengan cara menutup semua kwajiban kredit, pada tanggal 2 Nopember 2023 kami menanyakan besaran pelunasan kepada HARWANTO selaku Direktur Utama BPR BUDURAN, tanggal 3 Nopember 2023 Harwanto mengirim PDF pelunasan melalui aplikasi whatsapp dan memberikan waktu sampai akhir bulan Nopember 2023.

Masih dalam keterangan Samsul, Tiba-tiba tanggal 13 Nopember 2023 pihak BPR BUDURAN mengirim surat kepada klien kami yang perihalnya “Pemberitahuan Lelang Jaminan” dan lampiran Jadwal Lelang dari KPKNL Sidoarjo, spontanitas klien kami dan pihak yang hendak membantu melunasi pinjaman langsung kaget karena ternyata didaftarkan lelang. Inilah yang kami sebut akal akalan pihak BPR yang ingin menguasai obyek jaminan.

“Semua ada aturannya mas, jelas atas kejadian ini kami akan menggugat Perbuatan Melawan Hukum (PMH) pihak BPR Buduran dan KPKNL Sidoarjo, dan kami juga akan mengundang seluruh media dan LPKSM  yang ada di Jawa Timur,  agar peristiwa ini menjadi pembelajaran kedepannya, kita dikatakan wanprestasi, sementara prestasi klien kami sudah jelas masuk 15x angsuran lebih selama 2 tahun ini” Tegas Samsul, S.H.,CPM. Yang juga sebagai Kepala Biro Hukum Lembaga Perlindungan Konsumen YAPERMA.

Sementara sampai berita ini diturunkan pihak BPR Buduran saat dikomfirmasi di kantor terkesan ulur waktu dan saat di Harwanto selaku Direktur Utama di hubungi melalui whatsapp juga tidak merespon. (kamid).

Tags : Asal LelangSidoarjo

Leave a Response