close

“ Kamit Harus Dicopot Jadi Kamituwo” Teriak Warga Sumbergondo Saat Demo di Kantor Camat Gandusari

MPP BLITAR – Kemarahan warga dusun Sumbergondo desa Tulungrejo Blitar tidak terbendung, warga berdemo di kantor Camat Gandusari menuntut agar Kepala Dusun (Kamituwo) Sumbergondo mundur dari jabatannya karena disinyalir menghabiskan dana pertambangan sejak tahun 2014. 14/1/20.

Berawal dari upaya warga untuk menuntut transparansi keuangan yang masuk dari galian tambang pasir sejak tahun 2014 sampai dengan 2019 yang dinilai tidak sedikit itu tidak mendapat tanggapan yang positif, maka warga Sumbergondo desa Tulungrejo mengadukan/melaporkan Kepala Desa Tulungrejo dan Kasun Sumbergondo atas dugaan penggelapan atau penyalahgunaan keuangan desa, pihak warga konsultasi kepada Tipikor Polres Blitar tertanggal 13/1/2020 agar sedapatnya diproses secara hukum yang berlaku.

Tidak puas warga melaporkan dugaan penyalahgunaan keuangan yang bersumber dari hasil pertambangan, kembali ratusan warga Tulungrejo ‘ngeluruk’ kantor Camat Gandusari kabupaten Blitar, menuntut agar Kamit selaku Kamituwo (Kasun) yang diduga sebagai otak keresahan warga ini diturunkan dari jabatannya dan diproses hukum.

“Kamit harus turun dari jabatannya dan harus diusut kemana uang ratusan juta dari tambang secara hukum” teriak warga

Menurut Kapolsek Gandusari, berharap warga tetap tenang dan menyelesaikan masalah ini dengan kekeluargaan, dan anggap selesai apabila uang yang di salahgunakan Kamit dikembalikan.

Sutris, Sarju dan Mismantoko adalah perwakilan warga Sumbergondo keberatan dengan statement Kapolsek Gandusari dan tetap menuntut walaupun uang dikembalikan, Kamit harus tetap di proses secara hukum.

Demo berakhir dengan damai dan warga memberi batas waktu kepada kepala desa agar mencopot Kamit dari jabatannya dengan batas waktu sampai tanggal 20/1/2020, menurut warga kalau tuntutannya tidak dipenuhi akan mengerahkan warga lebih besar lagi untuk berdemo. (Puguh).

Tags : BlitarKamituwo Turun

Leave a Response