close

Kenali Hakekat Pendidikan Islam Sebelum Memetakan Lingkungan Pendidikan Islam

Ahmad Syafii

Oleh:

Ahmad Syafii, M.Pd.I.

Berbicara lingkungan Pendidikan Islam, bahwasanya sebuah lingkungan pendidikan suatu keharusan dikemas sedemikian rupa dengan arah menciptakan ruang lingkup sejalan dengan karakteristik pendidikan Islam itu sendiri. Sebab tanpa ada performa yang jelas sebagai ke-khasan dapat berakibat pada pengkaburan visi dan misi pendidikan Islam.

Persoalan tersebut meskipun secara khusus tidak dijelaskan dalam al-Qur’an namun secara eksplisit terdapat beberapa isyarat yang menunjukkan adanya lingkungan pendidikan. Artinya Islam telah mengajarkan tentang pengkajian pendidikan Islam. Untuk dapat menentukan apa capaian pendidikan Islam maka perlu dipahami dulu mengenahi hakekat pendidikan Islam. Sebab tanpa adanya kondusifitas yang mendukung maka hakekat pendidikan Islam tidak akan dapat dicapai dengan maksimal.

Mengenahi lingkunagn pendidikan Islam, Nur Uhbiyati dalam buku Ilmu Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Pustaka Setia 2005 Bandung tepatnya pada halaman 209 angkat bicara tentang lingkungan bahwa; Yang dimaksud dengan lingkungan ialah sesuatu yang berada diluar diri anak dan mempengaruhi perkembangannya.

Pada sisi waktu yang yang lain yakni tahun 2009 Sutiyono menyitir pendapat Sartani telah mendefinisikan mengenahi lingkungan bahwa lingkungan adalah meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku manusia, pertumbuhan, perkembangan, kecuali gen-gen.

Sepetinya di dalam lingkungan bukan hanya didapati sejumlah faktor kepada suatu saat saja, namun ada pula faktor-faktor lainnya dengan jumlah yang banyak, dimana didalamnya memiliki potensi untuk dapat mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku si anak tersebut. Disadari atau tidak bahwa alam sekitar ini adalah salah satu faktor dari faktor-faktor pendidikan yang secara real ada.

Artinya alam sekitar merupakan sebuah faktor penting terhadap pelaksanaan pendidikan. Tetapi faktor alam sekitar memiliki perbedaan jika dikomparasikan dengan faktor pendidikan. Kedua faktor pendidikan ini yakni alam sekitar dan faktor pendidikan diakui persamaannya, yang mana keduanya mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan, perkembangan dan tingkah laku anak.

Keberuntungan anak didik akan dapat dirasakan apabila secara kebetulan atau tidak mendapat pengaruh yang baik, begitu sebaliknya anak didik akan merasa dirugikan jika kebetulan pula mendapat pengaruh yang kurang baik alias buruk. Oleh karenanya dalam hal tersebut Abuddin Nata dalam bukunya Filsafat Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Wacana Ilmu di Jakarta pada tahun 1997 halaman 111 mengataka bahwa lingkungan tarbiyah Islamiyah itu adalah suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri ke-Islaman yang memungkinkan terselenggarakan pendidikan islam dengan baik.

Zakiyah Darajat dan kawan-kawan dalam bukunya Ilmu Pendidikan Islam, diterbitkan di Jakarta oleh PT Bumi Aksara pada tahun 2000 halaman 65, juga berkomentar dan menggarisbawahi persoalan lingkungan pendidikan, dan mengatakan; Untuk itu bagi seorang pendidik diharuskan untuk selalu memperhatikan aspek lingkungan dalam mendidik anak didiknya, agar nantinya anak didik tidak berada dalam lingkungan yang kurang baik yang dapat mempengaruhi kepribadianya. Bahkan para ahli sosial berpendapat bahwa perbaikan lingkungan menjadi syarat mutlak untuk mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan.

Pendapat para ahli tersebut menjadi penting untuk diperhatikan mengenahi persoalan lingkungan pendidikan dengan memperhatikan hakikat pendidikan itu sendiri termasuk didalamnya secara khusus adalah pendidikan Islam. Tanpa mengenal hakikat pendidikan mustahil pendidikan dan pengajaran mendapatkan capaian yang baik. Karena dengan mengenali hakekat pendidikan sudah barang tentu akan mengerti dan menentukan visi dan misi untuk menjadikan tujuan pendidikan Islam. Setelah itu barulah memetakan lingkungan pendidikan Islam untuk mencapai hasil dengan standart yang ditentukan melalui standart proses yang ideal tentunya.

Tags : IslamLingkunganPendidikan

Leave a Response