close

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Aktifkan Kembali Relawan Desa

MPP JAKARTA | Informasi terbaru datang dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) tentang pengaktifan kembali relawan desa.

Melalui twitter @kemendespdtt sebagai akun resmi Kemendes disampaikan “Kemendes PDTT akan mengaktifkan kembali program Relawan Desa Lawan Covid-19 yang sudah terbentuk dari tahun 2020 dan dijadikan sebagai Posko Tangguh Covid-19” tulisnya (5 Feb 2021) 10.54 AM.

“Relawan desa akan diintegrasikan dengan Satgas Covid-19 tingkat kabupaten – kota, kecamatan, dan seluruh elemen masyarakat”, kata @kemendespdtt.

Lebih lanjut diinformasikan “Secara operasional, fungsi dari tugas prioritas Posko Tangguh Covid-19 sebagai pendorong perubahan perilaku masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, layanan masyarakat, kendali informasi, serta pelaksanaan 3T yaitu pengetesan, pelacakan kontak erat, serta perawatan”, jelasnya.

Diketahui lebih dari 50 desa telah mendirikan Posko tangguh Covid-19 sebagai bagian kerja Relawan desa lawan Covid-19 yang memiliki 5 fungsi diantaranya adalah pertama mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, kedua layanan masyarakat, ketiga kendali informasi, keempat pelaksanaan 3T, kelima perawatan dan isolasi mandiri pasien covid-19.

Selain 5 fungsi tersebut juga memiliki 4 tugas antara lain pertama mendata dan memeriksa tamu yang masuk desa, kedua mendata dan memeriksa kondisi kesehatan yang keluar masuk desa, ketiga mendata dan memeriksa warga desa yang datang dari rantau, keempat merekomendasikan warga desa dari rantau atau warga desa kurang sehat untuk karantina mandiri. (red).

Tags : DesaRelawan

Leave a Response