close

TAHUN 2023 PEMKAB MALANG DI TARGET PEMERINTAH PUSAT 500 RIBU WARGA HARUS MEMPUNYAI IKD

MPP MALANG | Masyarakat Kabupaten Malang ternyata belum sepenuhnya mengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) alias KTP Digital. Hanya sebagian dari jumlah penduduk di wilayah Kabupaten Malang. Padahal IKD ini lebih efisien dan simpel dari pada E-KTP. Selain itu, masyarakat yang sudah memiliki KTP Digital juga lebih mudah dalam memantau identitasnya.

“Masyarakat yang memiliki IKD bisa melihat kartu yang dimiliki. Seperti KTP, BPJS, Vaksinasi, NPWP serta kartu lainnya,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang, Harry Setia Budi, S.STP, M.Si Jumat (24/2/23).

Menurutnya, IKD merupakan program baru yang diluncurkan oleh pemerintah. IKD memiliki kelebihan dibandingkan E-KTP. Karena cukup diakses lewat smartphone IKD ini tidak lagi berupa fisik keping, namun terpasang pada smartphone. Karenanya untuk mendapat IKD syaratnya harus memiliki alamat e-mail terlebih dahulu sebagai rujukan,” jelasnya.

Belum banyaknya masyarakat yang memiliki IKD inilah, Dispendukcapil Kabupaten Malang terus mensosialisasikan setiap kegiatan pelayanan jemput bola kepada masyarakat Kabupaten Malang. Sosialisasi terus kita lakukan. Terutama saat kegiatan pelayanan seperti, program Jebol Anduk, Plat N maupun program lain yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” terangnya.

Saat ini, dari 2,9 juta jiwa jumlah penduduk di Kabupaten Malang, yang sudah memiliki baru sebanyak 12 ribu orang. Rata-rata mereka adalah kalangan ASN, akademisi dan sebagian penduduk kalangan muda millenial. “Tahun 2023 ini, kita ditarget pemerintah sebanyak 500 ribu warga di Kabupaten Malang harus memiliki IKD,” paparnya. (W2)

Tags : MalangTAHUN 2023 PEMKAB MALANG DI TARGET PEMERINTAH PUSAT 500 RIBU WARGA HARUS MEMPUNYAI IKD

Leave a Response