close

Lakukan Program Ketahanan Pangan dan Hewani Dengan Budidaya Kambing

Sidoarjo,putrapena.com-Dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan,pemerintahan desa Kebonagung,Porong,Sidoarjo melaksanakan program pemerintah dalam ketahanan pangan dan hewani,dengan memberikan 62 ekor kambing kepada 5 kelompok peternak.

Agar keberhasilan bisa tercapai,pada Kamis 16/03/2023 di pendopo desa,diadakan pelatihan pengelolaan peternak kambing.Diikuti para penerima,RT,RW dan kelompok ternak,tutor dari dinas peternakan,menyampaikan cara perawatan kambing yang baik dan sehat.

Kepala dinas pangan dan peternakan Sidoarjo Dr.Eni Rustianingsih ST.MT yang di wakili bidang peternakan,Ibu Mada menyampaikan,untuk memperoleh ternak yang sehat dan produktif,harus di pilih indukan yang baik.Selain itu,pakan atau rumput harus setiap hari di ganti,jangan pakan sisa di berikan lagi.Itu bisa menyebabkan penyakit pada kambing peliharaan.

”Sering di mandikan,dijaga kebersihan kandang serta di vaksin/suntik vitamin dalam jangka waktu tertentu,membuat kambing sehat,mempercepat pertumbuhan dan produktif.Kalau semua itu dilakukan peternak,secara tidak langsung,penghasilan juga ikut meningkat”,ujar Mada dalam arahannya.

Agus Purwantoro,kades Kebonagung mengatakan,sebelumnya kita adakan rapat dulu di setiap lingkungan,gimana maunya warga dari anggaran ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa (DD) tahun 2023 ini.Karena warga mayoritas petani dan peternak,akhirnya di sepakati pengadaan kambing di setiap RT.Untuk pengadaannya,peternak juga selektif dalam memilih indukan,bahkan ada yang sudah bunting,jadi tidak bisa langsung beli banyak.

Dari 33 RT,5 RW dalam 5 pedukuhan yang ada,tidak semuanya mendapatkan bagian,karena 2 RT itu keberadaanya di lingkungan rumah dinas rutan.Dengan pembagian di setiap RT,semua masyarakat bisa saling mengawasi,memiliki dan bertanggung jawab serta menikmati hasil dari adanya ternak kambing ini,harap Agus usai acara di pendopo desa.(PakDhe Ton).

Tags : Lakukan Program Ketahanan Pangan dan Hewani Dengan Budidaya KambingSidoarjo

Leave a Response