close

Meminimalisir Sampah Di Permukiman Dengan Pemavingan Jalan Ke TPST

MPP Sidoarjo | Sidoarjo-Sampah sudah menjadi masalah kompleks hampir di seluruh wilayah kabupaten Sidoarjo,tak terkecuali di daerah pedesaan ataupun pinggiran.Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah desa Kebakalan Porong,bergerak pelan namun pasti dalam menanamkan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih,khususnya yang menyangkut sampah rumah tangga.

Menyesuaikan kemampuan anggaran desa,kita bangun dulu TPST nya.Dengan begitu,aspirasi warga akan muncul saat ada rembuk desa yang dilanjutkan dengan perencanaan dan pelaksanaan.Dengan begitu kita melakukan pembangunan dengan terkonsep yang melibatkan warga langsung,ujar kades Kebakalan Sariyahningsih SE.

Pantauan di lokasi TPST,tampak jalan paving menuju pembuangan sampah belum lama selesai di kerjakan.Dari papan informasi didapat, paving seluas 351m² menggunakan dana desa tahun 2023 sebesar Rp.78.793.000.

Sepulang dari sawah,Pak Kerto warga setempat mengatakan kalau ada paving, enak bila mau buang sampah,tdak susah seperti dulu. Di tanya siapa yang memasang paving, Pak Kerto menjawab,srmua orang sini termasuk saya juga ikut kerja.

Dengan pola swakelola,lanjut Sariyaningsih,terwujudlah jalan paving menuju TPST sesuai keinginan warga.Akhirnya,secara tidak langsung warga mau memfungsikan TPST sebagaimana mestinya karena aspirasinya terwujud.(pdheTon)

Tags : Meminimalisir Sampah Di Permukiman Dengan Pemavingan Jalan Ke TPSTSurabaya

Leave a Response