close

KPU Tetapkan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Malang

MPP Malang | Kabupaten Malang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di bagian selatan Jawa Timur, berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di sebelah barat, serta Kota Batu dan Kota Malang di sebelah selatan.

Kabupaten Malang merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi, dengan luas wilayah mencapai 3.531 kilometer persegi. Sebagian besar wilayah Kabupaten Malang berupa pegunungan, dengan puncak tertingginya adalah Gunung Arjuno (3.339 meter di atas permukaan laut).

Kabupaten Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan Kabupaten Malang memiliki beragam potensi wisata, baik wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata budaya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Penetapan DCT ini dilakukan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang Nomor 583 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 tanggal 3 November 2023.

Berdasarkan tabel rekapitulasi daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Malang dan persentase keterwakilan perempuan, terdapat 17 partai politik yang berpartisipasi dalam Pemilu Tahun 2024. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar memiliki persentase keterwakilan perempuan tertinggi, yaitu 48%.

Berikut adalah 5 besar partai politik dengan persentase keterwakilan perempuan tertinggi dalam DCT anggota DPRD Kabupaten Malang.

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) – 48%

2. Partai Golongan Karya (Golkar) – 48%

3. Partai Amanat Nasional (PAN) – 61,9%

4. Partai Bulan Bintang (PBB) – 56,25%

5. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) – 51,06%

KPU Kabupaten Malang mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malang untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu Tahun 2024 dengan menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab.(w2)

Tags : KPU Tetapkan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten MalangMalang

Leave a Response