close

Selama Tahun 2022 Perumda Tirta Kanjuruhan Kab Malang Lakukan Penghijauan Dan Bangun SPAM

MPP MALANG | Perumda Tirta Kanjuruhan berkomitmen mengoptimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat serta pelanggan. Berbagai upaya juga dilakukan untuk memperluas cakupan distribusi air bersih sepanjang tahun 2022.

Mulai dari melakukan penghijauan, hingga mengoptimalkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya di Malang Selatan.

Kegiatan penghijauan melalui penanaman bibir pohon di Des Duwet Krajan, Kabupaten Malang. Penanaman bibit pohon dilakukan langsung oleh Bupati Malang Sanusi dan Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi.

Sedangkan pembangunan SPAM terus dilakukan Perumda Tirta Kanjuruhan di Malang Selatan. Pembangunan SPAM dilakukan di SPAM Kaligoro dan Bantur.

Di suatu kesempatan, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi mengatakan, Tahun ini dengan menggunakan penyertaan modal, Perumda Tirta Kanjuruhan tengah membangun sistem SPAM dengan 6 tandon.

Yakni dari sebuah sumber air di desa Segaran yang berkapasitas 150 liter detik yang diproyeksikan untuk kebutuhan air bersih di wilayah Sumbermanjing dan Gedangan.

“Sudah ada 1500 pelanggan di sana. Saat ini satu tandon sudah selesai tinggal lima tandon lagi yang nanti antara lain akan dibangun di Hardjokuncaran, dan terakhir nanti akan dibangun di Klepu,” ujar Syamsul Hadi.

Lebih lanjut dia mengatakan, Perencanaan seluruhnya Rp126 miliar, itu dana dari APBN yang lewat prosedure penyertaan modal tadi, dan yang sudah dilaksanakan masih senilai kurang lebih Rp25 miliar.

Dimana Rp5 miliar diantaranya adalah penyertaan modal dari daerah, yakni berupa dana “talangan” agar dari APBN bisa turun sehingga proyek tersebut bisa terus berjalan.

“Proyek SPAM ini juga dalam rangka mengatasi masalah kekurangan air di Malang Selatan yang biasa terjadi tiap musim kemarau,” jelasnya.

Sedangkan pelestarian lingkungan kata dia juga menjadi komitmen dari Perumda Tirta Kanjuruhan.

“Sumber air juga harus terjaga dengan baik. Maka dari itu, kami rutin melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon di dekat mata air,” terangnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2022 Perumda Tirta Kanjuruhan juga mengembangkan pelayanan dengan membangun Laboratorium air bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Jasa Tirta.(w2)

Tags : Malakukan PenghijauanMalang

Leave a Response