close

Memeriahkan Sedekah Bumi Babat Alas Desa Jabaran Warga Istigosah di Masjid Annur Dan Ruwatan

Sidoarjo , Putrapena.com – Adat Jawa masih ramai di selenggarakan di desa desa lain nya khusus nya Jawa Timur yang masih kental dengan seni Budaya atau sering di sebut sebagai adat Tradisi Jawa ,
Contoh Pemerintahan desa (Pemdes ) Jabaran Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Jatim , Merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang kita. Tradisi ini sebagai wujud rasa bersyukur seluruh warga desa atas limpahan rezeki yang di berikan oleh Alloh SWT .
Serta berdoa dengan harapan agar segala hal yang buruk di jauhkan dari desa, dan masyarakat hidup makmur, aman, tentram sejahtera sukses dan damai.

Pagelaran wayang kulit, merupakan cirikhas dalam Ritual ruwatan.
Selain untuk melestari kan budaya leluhur, dan hormat punden mbah desa Jabaran juga desa merupakan peninggalan ajaran Kanjeng Sunan Kalijogo.

”Di malam hari suasanya terang orah hujan dan lagi juga di adakan Istigosah di Mas,jid Annur Jabaran , dengan gelaran wayang kulit semalam suntuk di Lapangan Jabaran tersedia UMKM nampak sekali, dan tinggal warga membutukan apa saja . Punden Mbah di desa Jabaran sebagai penghormatan warga leluhur Jabaran qhusus nya dengan ini pagelaran wayang kulit kidalang Susilo Wibowo SPD MPD desa Mliriprowo Kecamatan Tarik Sidoarjo ujar Mustakim warga setempat .

P Haji Nursalim Kades Jabaran Kecamatan Balongbendo , mengucap kan banyak terima kasih dan bersyukur atas terlaksanya bersih desa dan sedekah bumi ini. Semua berkat peran serta masyarakat warga desa Jabaran Blbendo setempat dan atas ridho nya Aminnn amin , himbau nya kades Nursalim .

Kedepannya setelah menjalani ruwatan desa akan mendapatkan berkah, ketentraman jiwa secara khusus maupun bagi keluarga dalam lingkup yang lebih luas , di dusun Jabaran dusun Kapas melati terahir dusun Besuk dan lagi sebanyak , 10 RT & 3 RW ) begitu antusias sekali ruwat desa ini masyarakat warga Jabaran , begitu juga masyarakat kami yang saya percayai sebagai panitia penyelenggara papar nya kepala desa harapan , H Nursalim (P Dhee ton)

Tags : kan Sedekah Bumi Babat Alas Desa Jabaran Warga Istigosah di Masjid Annur Dan RuwatanMemeriahSidoarjo

Leave a Response